Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 83 Semua Tunduk Kepada Allah
Senin, 31 Juli 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 83 – Semua Tunduk Kepada Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 9 Muharram 1445 H / 27 Juli 2023 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 83 – Semua Tunduk Kepada Allah

أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ ﴾‏

“Maka apakah selain agama Allah yang mereka cari, padahal semua yang ada di langit dan di bumi itu tunduk menyerahkan dirinya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, baik secara sukarela ataupun terpaksa. Dan hanya kepadaNya lah mereka dikembalikan.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 83)

Ini merupakan istifham inkari dari Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada orang Yahudi dan Nasrani yang tidak mengikuti Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Mereka mencari agama selain agamanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena agama Allah adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Barangsiapa yang mencari agama selain agama Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam setelah diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka sesungguhnya dia dianggap mencari agama selain agamanya Allah. Bahkan dia mengikuti awak nafsunya.

Allah Ta’ala berfirman:

فَإِنْ لَمْ يَسْتَجِيبُوا لَكَ فَاعْلَمْ أَنَّمَا يَتَّبِعُونَ أَهْوَاءَهُمْ ۚ…

“Apabila mereka tidak sanggup untuk memenuhi tantangan engkau (wahai Muhammad) berupa mendatangkan kitab yang lebih memberikan petunjuk dari Al-Qur’an, sesungguhnya mereka itu mengikuti hawa nafsu belaka…” (QS. Al-Qashash[28]: 50)

Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan tunduklah penduduk langit dan bumi kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, baik dengan sukarela ataupun terpaksa…”

Maksud tunduk dengan sukarela adalah orang yang beriman dimana mereka orang-orang yang beriman itu tunduk kepada Allah dengan sukarela.

Adapun tunduk dengan terpaksa maksudnya adalah orang kafir yang tunduk juga kepada Allah tapi dengan terpaksa. Karena pada hakekatnya orang kafir itu tidak keluar dari rububiyah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan dari tadbir (pengaturan) Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena semua alam semesta ini di bawah pengaturan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jadi orang kafir tidak keluar dari kerajaan Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka bagaimana dia keluar dari agama Allah?

Artinya bahwa orang kafir itu mengakui akan tauhid rububiyah, tapi mereka mengingkari tauhid uluhiyah.

Sehingga kesimpulannya orang kafir itu tunduk kepada Allah dari sisi tauhid rububiyah, tapi mereka mengingkari Allah dari sisi tauhid uluhiyah. Mereka beribadah kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53099-tafsir-ali-imran-ayat-83-semua-tunduk-kepada-allah/